Dasar Pemrograman Ke-1, Pengantar Pemrograman & Bahasa Pemrograman

PENGANTAR PEMROGRAMAN & BAHASA PEMROGRAMAN

Cerita Dosen, sebelum Anda mempelajari salah satu bahasa pemrograman, ada baiknya Anda memahami dan mengetahui terlebih dahulu apa itu Pemrograman dan Bahasa Pemrograman serta hal terkait lainnya. Yaitu: 

A. PENGENALAN PEMROGRAMAN

1. Program Komputer

Program komputer adalah serangkaian tahapan atau intruksi yang terstruktur untuk menghasilkan sebuah solusi dari permasalahan yang dijalankan menggunakan teknologi komputer. Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor. 


Program pada komputer merupakan salah satu komponen dasar, tanpa salah satu komponen tersebut maka komputer tidak dapat bekerja untuk menghasilkan suatu output yang diinginkan. Di dalam komputer terdapat dua program (software) yaitu program sistem operasi  sebagai perangkat lunak sistem komputer yang dapat mengontrol perangkat keras komputer sedangkan program aplikasi sebagai perangkat lunak aplikasi yang melakukan tugas sesuai keinginan pengguna (User).



2. Pengertian Pemrograman
Pemrograman pada dasarnya sederhana menurut Bjarne Stroustup (2014:35) cukup beritahukan mesin (computer) apa yang seharusnya dilakukan. Manfaat utama pemrograman sebagai solusi meringankan pekerjaan manusia menggunakan sistem yang telah di manipulasi dalam pemrograman pengembangan perangkat lunak dalam program komputer. Pemrograman muncul karena banyak permasalahan kompleks terjadi dalam kehidupan, yang mungkin kita tidak mampu menyelesaikannya.  Setiap permasalahan  pasti  akan  ada  penyelesaiannya, pemrograman merupakan hasil dari pemikiran manusia yang berusaha terus untuk mencari solusi atas persoalan-persoalan yang rumit dalam kehidupan. 
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug) menggunakan kode untuk menjalankan program Komputer (coding). Coding ini ditulis dalam bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan pekerjaan sesuai keinginan seorang pemrogram atau disebut Programmer. Untuk dapat melakukan pemrograman, maka calon Programmer diperlukan keterampilan khusus dan dasar seperti Algoritma, Logika dan penggunaan bahasa pemrograman itu sendiri. 


3. Tujuan Pemrograman
Belajar pemrograman pada umunya digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah rumit dengan waktu yang efesien, sebagai solusi dan langkah mempersingkat proses penyelesaian persoalan yang kompleks. Adapun tujuan khusus dari belajar pemrograman kita dapat berpikir (akal) secara logis, berpikir secara kritis, berpikir secara sistematis dan mampu menyelesaikan persoalan yang tidak mungkin menjadi mungkin. Sekali lagi menegaskan terkait tujuan belajar pemrograman ini yang memungkinkan nanti dalam proses  belajar mengalami kesulitan dalam menyelesaikan program yang kita buat, maka ingatlah ayat dalam al-qur’an surat Asy-Syarh ayat 5-6, Allah berfirman :


Adapun tujuan-tujuan khusus belajar pemrograman dalam proses meningkatkan kemampuan diri (skill) membuat program yaitu :

a. Meningkatkan kemampuan berpikir secara logis
Belajar pemrograman melatih logika kita untuk mempertimbangkan berbagai hal untuk mengatasi berbagai macam permasahan yang ada, mampu memberikan solusi yang tadi tak mungkin menjadi mungkin, yang tadinya sulit menjadi mudah. Logika pemrograman menjadi bagian penting yang harus dipelajari agar mampu berpikir secara logis dalam  mengembangkan ilmu pengetahuan sains dan teknologi.

b. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Ketika kita menulis kode tentu akan terjadi kesalahan-kesalahan yang membuat program yang kita buat menjadi tidak berjalan, kita dituntut untuk kritis dan sangat teliti dalam mengatasinya. Semua akan menjadi aktivitas yang menantang untuk kita pelajari. 

c. Mengembangkan cara berpikir dengan sistematis 
Dalam membuat sebuah program, seorang akan dihadapkan dengan masalah-masalah yang perlu diatasi, dengan cara berlatih bagaimana menyusun kode-kode secara sistematik untuk membangun program. Sebagai dampak positifnya, kita akan semakin terbiasa dengan berpikir sistematis. Cara berpikir ini akan terbawah dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang sedang menghimpit.


d. Meningkatkan kemampuan dalam mengatasi masalah
Dengan mempelajari pemrograman, kita akan terlatih menyelesaikan sebuah permasalahan, yang menghasilkan solusi atas permasalahan yang ada dalam kehidupan. 

4. Manfaat Pemrograman
Belajar pemrograman akan memberi manfaat yang besar baik bagi diri kita sendiri, orang lain dan dunia. Teknologi Google pun percaya, dengan belajar program, kita tak hanya memperoleh kemampuan dalam melakukan pemrograman, tetapi juga mengembangkan pikiran yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT  dalam al-quran surat Al-Isra’ Ayat 7, yaitu : 


Dari ayat Al-quran tersebut dapat kita simpulkan, bahwasannya ketika kita mulai belajar pemrograman dan kita menjadi salah satu seorang Programmer yang mampu membuat program memberi manfaat dalam kehidupan. Jika kita seorang muslim ini merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki sesuai perintah Allah dan Rasullollah menjadi pribadi yang bermanfaat. Seorang Muslim lebih diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain. Ini adalah bagian dari implementasi konsep Islam yang penuh cinta yaitu memberi. Selain itu, manfaat kita memberikan manfaatkan kepada orang lain, semuanya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri. 

B. BAHASA PEMROGRAMAN
Dalam program komputer atau sering kali disingkat sebagai program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada Komputer. Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai Komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor. 

Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu agar dapat secara langsung dieksekusi oleh Komputer. Program yang sama dalam format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut sebagai kode sumber, bentuk program yang memungkinkan Programmer menganalisis serta melakukan penelaahan algoritma yang digunakan pada program tersebut. Bahasa pemrograman (Programming Language) adalah instruksi standar untuk memerintah komputer yang memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini adalah satu set aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program Komputer. 

Seorang praktisi yang memiliki keahlian untuk melakukan penulisan kode dalam bahasa pemrograman disebut sebagai Programmer Komputer atau Programmer, pengembang Perangkat Lunak (software). Bahasa ini memungkinkan seorang Programmer dapat menentukan mana yang data yang akan diproses oleh Komputer, bagaimana data ini akan disimpan atau diteruskan, dan langkah-langkah apa yang persis jenis yang akan diambil dalam berbagai situasi berdasarkan kebutuhan.


C. FUNGSI BAHASA PEMROGRAMAN
Fungsi dari bahasa pemrograman yang memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika yang kita inginkan menggunakan algoritma dalam bahasa pemrograman Komputer. Output dari bahasa pemrograman dalam bentuk program atau aplikasi digital. Berbagai contoh aplikasi digital saat ini yang telah berkembang, dari aplikasi media sosial, belanja online, berita, dan sebagainya. 
Bahasa pemrograman yang kita tahu ada banyak orang di dunia, sekitar ilmu komputer dan teknologi saat ini. Pengembangannya mengikuti inovasi tinggi dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita ketahui, antara lain, adalah untuk membuat aplikasi sistem kecerdasan buatan, robotik, sistem informasi berbasis web dan android dan teknologi lainnya.

D. TINGKATAN BAHASA PEMROGRAMAN
Dalam pemrograman terdapat tingkatan bahasa pemrograman yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi (software developer) terdiri dari 3 yaitu :
1. Bahasa Tingkat Tinggi 
Bahasa pemrograman ini masuk ke level sebagai bahasa dekat dengan bahasa manusia. Sebagai contoh, bahasa Java, Phyton, PHP, JavaScrip dan lainnya 
2. Bahasa Tingkat Menengah
Disebut tingkat menengah karena dapat masuk ke dalam bahasa tingkat rendah tinggi dan. Misalnya dalam bahasa program C.
3. Bahasa Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman masuk ke level ini karena bahasa masih jauh dari bahasa manusia. Contoh bahasa Assembly.
Perlu diketahui saat ini rata-rata seiring perkembangan teknologi para Programmer menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.

E. STRUKTUR DASAR BAHASA PEMROGRAMAN
Belajar membuat program tentu tidak jauh-jauh dari yang namanya struktur dasar bahasa pemrograman, logika dasar pemrograman, algoritma pemrograman dan lain sebagainya. Setiap bahasa pemrograman memiliki struktur dasar bahasa pemrograman yang berbeda-beda. 

F. JENIS-JENIS BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman dikenal juga dengan nama bahasa Komputer atau bahasa pemrograman Komputer.  Banyak sekali jenis bahasa pemrograman saat ini diantaranya bahasa pemrograman berbasis web yaitu HTML, CSS, PHP, JavaScrip, bahasa pemrograman berbasis android yaitu Java, Xml, bahasa pemrograman berbasis database SQL dan bahasa lainnya seperti Visual Basic, C++, C,  Python, Pascal dan lainya.  Lengkapnya baca ini Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman Populer di Dunia

Buku Referensi di sarankan untuk belajar dasar Pemrograman & Praktikum Silahkan Order ini:




Semoga Manfaat,

www.ceritadosen.com
Efitra,S.Kom.,M.Kom (Dosen Sistem Informasi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



56 Komentar

  1. Dengan adanya pemograman,kita dapat melakukan hal² yang bersangjutan dengan teknologi menjadi lebih mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan adanya program kita dapat melakukan menyimpan data dengan mudah

      Hapus
  2. Dengan pemograman kita dapat mengolah data dengan mudah

    BalasHapus
  3. Pemrograman adalah kumpulan kode intruksi dari bahasa program

    BalasHapus
  4. Program pada komputer merupakan salah satu komponen dasar, tanpa salah satu komponen tersebut maka komputer tidak dapat bekerja untuk menghasilkan suatu output yang diinginkan.

    BalasHapus
  5. mempelajari pemrograman, kita akan terlatih menyelesaikan sebuah permasalahan, yang menghasilkan solusi atas permasalahan yang ada dalam kehidupan

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. dengan bisanya programer kita bisa membuat website

    BalasHapus
  8. Memprogram dapat mempermudah mengolah data

    BalasHapus
  9. Mengenai programan, pemrograman suatu sekil yang dapat membentuk dan memberikan pemikiran yang cekatan dengan cara pemograman Manusia dapat mempersingkat kerjaan dan bisa menjadikan ladang bisnis

    BalasHapus
  10. Program komputer yang saya ketahui yaitu tahapan yang terstruktur untuk menghasilkan solusi dari permasalahan yang dijalankan menggunakan komputer. Contohnya dengan programan mempermudah dalam mengolah data

    BalasHapus
  11. Banyak manfaat yang kita dapat dengan mempelajari pemrograman baik untuk diri sendiri atau pun orang lain

    BalasHapus
  12. Bermanfaat dalam kehidupan serta menambah ilmu pengetahuan dan melatih skill dalam mempelajari ilmu pemograman.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. pemrograman itu iyalah suatu (perkodingan) algoritma dan struktur pemrograman yang biasanya digunakan oleh perogramer untuk membuat web/situs-situs dan apk-apk untuk mempermudah kebutuhan diri sendiri dan orang lain.minsalnya, olshop(blanja online),dana dan apk" lainnya

    BalasHapus
  15. Bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Serta menambah ilmu pengetahuan yang lebih luas.

    BalasHapus
  16. Yang saya dapat kan setelah saya membaca web ini yaitu dasar" Dari pemograman dan juga manfaat dari pemograman lalu ternyata di pemograman terdapat tingkat" Bahasa pemograman nya sekian terimakasih

    BalasHapus

  17. Dalam program komputer atau sering kali disingkat sebagai program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada Komputer.

    BalasHapus
  18. Ternyata pemogram terdapat tingkatkan nya

    BalasHapus
  19. Dengan mempelajari ilmu komputer kita bisa mengikuti perkembangan zaman yang sangat pesat di era digital

    BalasHapus
  20. Mengenai programan, pemrograman sesuatu yang dapat membentuk dan memberikan pemikiran yang kritis.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Yang dimaksud dengan pemograman ialah, tata cara pembuatan suatu aplikasi yang dimulai melalui beberapa tahapan, untuk hasil yang memuaskan.

    BalasHapus
  23. program adalah suatu hasil dari menulis kode kode perintah dimana didalamnya terdapat instruksi dari bahasa pemrograman. pemrograman adalah suatu bentuk kumpulan kode kode instruksi dari bahasa bahasa program yang ditulis, diuji dan dikembangkan menjadi sebuah program.

    BalasHapus
  24. Bahasa-bahasa pemrograman berisi kode-kode yang berisi perintah atau instruksi komputer yang nantinya akan di terjemahkan atau di laksanakan oleh komputer

    BalasHapus
  25. Menurut saya ,Inti dari pembahasan diatas dalam programan banyak hal yg perlu diketahui dikarenakan kita sudah hidup dijaman dimana teknologi sangat penting salah satunya komputer ,jadi setidaknya walaupun tidak mengetahui lebih dalam ,akan lebih baik mengetahui dasarnya . Yaitu ,mulai dari pengertian ,bahasa programan ,manfaat programan itu sendiri sangat penting untuk dipelajari karna bahwasannya program dalam komputer itu komponen dasar dalam komputer .bukan hanya itu masih ad tujuan hingga sampe akhir yaitu jenis bahasa dalam programan .

    BalasHapus
  26. Baiklah, menurut saya setelah membaca artikel mengenani pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa program komputer, pemograman , dan lain sebagainya sudah menjadi hal yang sangat pentng di era serba modern ini, dikarenakan mengetahui hal² medasar tersebut akan menjadi suatu aset bagi diri kita nanti, manfaat yang didapatkan dari hal tersebut pun terbukti cukup banyak, dengan tujuan yang sama yakni membantu mempermudah segala urusan dan pekerjaan yang harus dilakukan oleh manusia, maka semangatlah belajar jangan pernah menyerah, lelah boleh beristirahat, tapi jangan pernah berhenti

    BalasHapus
  27. Kesimpulannya adalah :Program komputer adalah serangkaian tahapan atau intruksi yang terstruktur untuk menghasilkan sebuah solusi dari permasalahan yang dijalankan menggunakan teknologi komputer. Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor.

    Adapun tujuan khusus dari belajar pemrograman kita dapat berpikir (akal) secara logis, berpikir secara kritis, berpikir secara sistematis dan mampu menyelesaikan persoalan yang tidak mungkin menjadi mungkin.

    BalasHapus
  28. Melalu materi di atas daoat di simpulkan Pemrograman benar-benar membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah . Ini tidak hanya digunakan dalam matematika atau sains, ini bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan belajar pemrograman, kita akan terbiasa dengan pemecahan masalah. Dengan itu juga akan meningkatkan rasa ingin tahu dan pencapaian.Pemrograman benar-benar membantu anda meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan memecahkan masalah adalah segalanya. Ini tidak hanya digunakan dalam matematika atau sains, ini bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan belajar pemrograman, kita akan terbiasa dengan pemecahan masalah. Dengan itu juga akan meningkatkan rasa ingin tahu dan pencapaian.

    BalasHapus
  29. Kesimpulannya adalah :Program komputer adalah serangkaian tahapan atau intruksi yang terstruktur untuk menghasilkan sebuah solusi dari permasalahan yang dijalankan menggunakan teknologi komputer. Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor.

    Mengenai programan, pemrograman suatu sekil yang dapat membentuk dan memberikan pemikiran yang cekatan dengan cara pemograman Manusia dapat mempersingkat kerjaan dan bisa menjadikan ladang bisnis

    BalasHapus
  30. Mengenai programan, pemrograman suatu sekil yang dapat memberikan pengertian ,bahasa programan ,manfaat programan itu sendiri sangat penting untuk dipelajari karna bahwasannya program dalam komputer itu komponen dasar dalam komputer

    BalasHapus
  31. Dengan Pemograman ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan manusia yang rumit dengan efisiensi waktu. Pemrograman juga dapat membuka peluang pekerjaan.

    BalasHapus
  32. Programan ialah komponen dasar komputer

    BalasHapus
  33. Dengan adanya pemrograman, kita dapat melakukan segala hal dan asumsi yang berkaitan dengan teknologi ataupun komputer dengan mudah dan efisien

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. pemrograman pengembangan perangkat lunak dalam program komputer dan belajar pemrograman kita dapat berpikir (akal) secara logis, berpikir secara kritis, berpikir secara sistematis dan mampu menyelesaikan persoalan yang tidak mungkin menjadi mungkin.

    BalasHapus
  36. Program komputer adalah serangkaian tahapan atau intruksi yang terstruktur untuk menghasilkan sebuah solusi dari permasalahan yang dijalankan menggunakan teknologi komputer. Sebab karena zaman sekarang semua serba elektroni/komputer

    BalasHapus
  37. Meningkatkan Kemampuan Logikan dan Kreativitas, belajar bahasa pemrograman melatih kita soal logika dan kreativitas. karena bahasa pemrograman mengharuskan kita untuk berpikir secara logika

    BalasHapus
  38. Di dalam komputer program berperan penting dan merupakan komponen dasar agar komputer bisa bekerja dgn baik dan tanpa salah satu komponen tersebut maka komputer tidak dapat bekerja untuk menghasilkan suatu output yang diinginkan.

    BalasHapus
  39. Banyak manfaat yang kita dapat dengan mempelajari pemrograman baik untuk diri sendiri atau pun orang lain dan di dalam komputer program berperan penting dalam kehidupan sehari hari

    BalasHapus
  40. Menurut saya dengan adanya pemrograman, kita dapat melakukan segala hal dan asumsi yang berkaitan dengan teknologi ataupun komputer dengan mudah dan efisien, semangat selalu

    BalasHapus
  41. Baik lah mengenai artikel tersebut, bahwasannya
    pemrograman pengembangan perangkat lunak dalam program komputer dan belajar pemrograman kita dapat berpikir (akal) secara logis, berpikir secara kritis, berpikir secara sistematis

    BalasHapus
  42. Menurut saya mengenai artikel di atas bahwasannya
    pemrograman pengembangan perangkat lunak dalam program komputer dan belajar pemrograman kita dapat berpikir (akal) secara logis, berpikir secara kritis, berpikir secara sistematis .

    BalasHapus
  43. mengenai komputer
    Adalah suatu yang bisa mengahsilkam lowongn kerja,dan komputer akan slalu ada di hidup kita zaman akan datang sangat di butuh kan

    BalasHapus
  44. mengenai komputer, komputer akan selalu ada dihidup kita pada zaman sekarang dan zaman yang akan datang dan akan sangat dibutuhkan

    BalasHapus
  45. Banyak sekali penjelasan tentang Pemrograman,sangat bermanfaat karna dengan ini kita bisa banyak mengetahui

    BalasHapus
  46. tujuan dari belajar pemrograman yaitu kita dapat berpikir secara logis, kritis, sistematis dan mampu menyelesaikan persoalan yang tidak mungkin menjadi mungkin.

    BalasHapus
  47. Dari penjelasan ini kita harus berfikir kritis bahwasannya komputer atau bidang teknologi sudah sangat dekat dengan manusia baik itu dari hal kecil maupun besar.maka dari itu kita manusia sudah sangat bergantung pada dunia teknologi yakni komputer yang banyak digunakan sekarang ini

    BalasHapus
  48. Dengan mempelajari ilmu komputer kita bisa mengikuti perkembangan zaman yang sangat pesat di era digital saat ini

    BalasHapus
  49. mempelajari pemerograman, kita akan terlatih menyelesaikan sebuah permasalahan, yang menghasilkan solusi atas permasalahan yang ada

    BalasHapus
  50. Setelah saya membaca dan memahami, program komputer adalah serangkaian tahapan atau instruksi yang terstruktur untuk menghasilkan sebuah solusi dari permasalahan yang dijalankan menggunakan teknologi komputer.manfaat utama dari pemrogram sebagai solusi meringankan pekerjaan manusia menggunakan sistem yang telah dimanipulasi.pemrograman adalah proses menulis,menguji,dan memperbaiki (debug) menggunakan kode untuk menjalankan program komputer (coding).tujuan belajar pemrograman kita dapat berpikir secara kritis, dan sistematis

    BalasHapus
  51. Baiklah berikut kesimpulan yang saya dapat dari membaca artikel diatas: yang pertama yaitu apa sih itu program komputer? program komputer adalah serangkaian tahapan yang terstruktur untuk menghasilkan sebuah solusi dari permasalahan yang dijalankan menggunakan teknologi komputer, program pada komputer itu sendiri merupakan komponen penting, didalam komputer terdapat 2 program yaitu soft ware (perangkat lunak sistem komputer yang dapat mengontrol perangkat keras komputer, program aplikasi (perangkat lunak aplikasi yg melakukan tugas sesuai keinginan pengguna), kemudian apa sih itu pemograman? Secara sederhana pemograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug) menggunakan kode untuk menjalankan program Komputer (coding), apa tujuan dari pemograman? Tujuannya yaitu untuk mengerjakan persoalan persoalan yang rumit dengan waktu yang efisien, sedangkan tujuan khusunya yaitu meningkatkan kemampuan diri seperti kemampuan berfikir logis, kemampuan berfikir kritis, kemampuan berfikir dgn sistematis dan kemampuan dalam menangani suatu permasalahan, manfaat pemograman itu sendiri yaitu sebagai mana sabda rasul yaitu menjadikan diri kita menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang banyak serta menjadi kita sebagai manusia yang dapat berfikir luas dalam menyelesaikan masalah, selain itu ada bahasa pemograman, dimana bahasa pemrograman itu ialah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada Komputer. Dimana fungsi dari bahasa pemrograman yaitu memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika yang kita inginkan menggunakan algoritma dalam bahasa pemrograman Komputer. Tingkat bahasanya sendiri ada tingkat tinggi, menengah dan rendah, untuk jenisnya ada yg berbasis web, android, database dsb..

    BalasHapus
  52. Programmer Menurut saya adalah proses untuk memahami bahasa-bahasa komputer
    Yg harus di pahami secara bertahap dan teliti

    BalasHapus
  53. Setelah membaca dan memahami, manfaatnya pemrograman bagi manusia di zaman sekarang sangan penting karna di dalam program komputer dan belajar pemrograman kita dapat berpikir (akal) secara logis, berpikir secara kritis, berpikir secara sistematis, jika bisa pemrograman membuat atau mengembangkan aplikasi kita untuk bisa menghasilkan uang seperti jual beli online.

    BalasHapus
  54. setelah membaca dan memahami berkembang komputer adalah wadah bagi manusia untuk menunjang masa depan

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama