PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS ANDROID YANG SESUAI UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI DAERAH JAMBI

  





 

1.1    Latar belakang Masalah

 

Dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini banyak menghambat kegiatan rutinitas sehari-hari dan harus menyesuaikan diri dengan keadaan sekarang yang harus memukinkan kita untuk tidak keluar rumah, berklompok, dan menjaga jarak hal ini yang mengubah prilaku yang bias akita lakukan. Salah satu dampak dalam hal ini adalah dibidang Pendidikan yang harus memaksa kita untuk belajar dari rumah dengan cara menggunakan media online. (Kemendikbud, 2020) mengeluarkan Surat Edaran tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Isi dari surat ini salah satunya adalah meliburkan kegiatan belajar mengajar dan mengganti dengan pembelajaran berbasis jaringan (Daring) via E-learning yang dapat digunakan berbagai instansi pendidikan. E-learning atau electronic learning merupakan konsep pembelajaran yang dilakukan melalui jaringan media elektronik. Perkembangan teknologi yang sangat maju di era modern dan akibat dari pandemi Covid-19  ini memungkinkan berbagai kegiatan dilakukan secara online agar menekan penyebaran penyebaran virus. Dalam penggunaan e-learning tidak hanya dipakai di sekolah namun dalam kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi, tempat – tempat kursus bahkan komunitas – komunitas online sudah mulai menggunakan konsep seperti ini. E-learning dapat digunakan sebagai alternatif atas permasalahan  dimasa pandemi, baik sebagai tambahan, pelengkap maupun pengganti atas kegiatan pembelajaran yang sudah ada.

Pada kondisi seperti ini semua guru atau tenaga pendidik diharuskan untuk mengganti pembelajaran menggunakan E-learning atau melalui media online. Berbagai platform digital digunakan untuk melakukan pengajaran sehingga perlu didukung dengan fasilitas pembelajaran yang baik dan pemanfaatan teknologi informasi. Seluruh siswa diwajibkan untuk menggunakan alat komunikasi seperti Handphone atau laptop dengan bijak untuk mendukung proses pembelajaran. Pembelajaran daring dengan tatap muka melalui aplikasi menjadi hal yang paling menguntungkan guna memutus penyebaran Covid-19 serta menjaga kesehatan keselamatan jiwa guru dan siswa dari terpaparnya virus tersebut.

Pembelajaran via E-learning tidak sepenuh nya dapat dipahami oleh semua pelajar. Setiap tinkatan sekolah memiliki kesulitan tersendiri dan menurut saya yang paling sulit menggunkan pembelajaran metode  ini adalah anak tingkat SMP(Sekolah Menengah Pertama) dikarenakan anak tingkat ini sedikit dari meraka dibimbing oleh orang tua. Oleh sebab itu, berdasarkan penjabaran latar belakang diatas, maka saya selaku peneliti terdorong ingin penelitian mengenai “Perancangan Aplikasi Pembelajaran E-Learning Berbasis Android Yang Sesuai Untuk Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Jambi”


1.2    Rumusan Masalah

 

Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan diatas maka rumusan masalahnya adalah : Bagaimana cara “Perancangan Aplikasi Pembelajaran E-Learning Berbasis Android Yang Sesuai Untuk Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Jambi”

 

1.3    Batasan Masalah

 

Hal – hal yang menjadi batasan dalam penelitian yang akan dikemukakan oleh penulis adalah sebagai berikut :

1.    Cara perancangan dan memakai aplikasi pembelajaran E-Learning berbasis android                         yang sesuai untuk sekolah Menengah Pertama di Daerah Jambi.

2.    Aplikasi E-learning yang menarik dan mudah digunakan untuk tingkat SMP.

 

1.4    Tujuan Penelitian

 

Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan diatas maka penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang  aplikasi pembelajaran E-Learning berbasis android yang sesuai untuk sekolah Menengah Pertama di Daerah Jambi.

 

1.5    Manfaat Penelitian

 

Dari hasil penelitian diharapkan dapat memperoleh manfaat yang baik bagi semua pihak, terutama yang berhubungan dengan dunia Pendidikan antara lain sebagai berikut:

1.    Bagi Peneliti

Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa sehingga dapat dikembangkan secara optimal dan sebagai bahan referensi untuk menggunakan metode mengajar.

2.    Bagi Guru

Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan masukan guru dalam proses belajar mengajar sehinga dapat meningkatkan kesan pada pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar.

3.         Bagi Peneliti lain

Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi mengenai kondisi pendidikan saat era pandemi Covid-19 untuk dilanjutkan penelitian selanjutnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama