PERANCANGAN APLIKASI MESIN KASIR PENJUALAN ONLINE

 


BAB I PENDAHULUAN



1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan berkembang pesat, kebutuhan akan informasi sangat dibutuhkan terlebih informasi yang dihasilkan mengandung nilai yang benar, akurat, cepat dan tepat, sehingga siapapun yang mengunakan informasi tersebut dapat memberikan solusi berbagai masalah yang terjadi dengan cepat.

Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan- laporan yang diperlukan. Sistem informasi yang baik harus memiliki sistematika yang jelas, ringkas dan mudah dipahami. Dengan adanya sistem informasi dalam suatu perusahaan maka pekerjaan akan lebih efisien dan efektif. Salah satu sistem informasi yang digunakan terutama dibidang penjualan adalah sistem informasi penjualan.

Sistem informasi penjualan dapat diartikan sebagai suatu pembuatan pernyataan penjualan, kegiatan akan dijelaskan melalui prosedur-prosedur yang meliputi urutan kegiatan sejak diterimanya pesanan dari pembeli, pengecekan barang ada atau tidak ada dan diteruskan dengan penerimaan barang dengan disertai dengan pembuatan faktur dan mengadakan pencatatan atas penjulan yang berlaku.

Di masa sekarang ini menuntut adanya perkembangan di segala macam bidang tanpa terkecuali, sehingga kita harus mengikuti apa yang ada pada zaman sekaranag bahkan untuk di masa yang akan datang sekalipun, kini segalanya telah di komputerisasikan tanpa terkecuali bidang penjualan, karna penjualan di terkaitan dengan ada nya pencatatan barang serta harga yang di perjual belikan dan juga kualitas pelayanan yang harus di tingkatkan sehingga pembeli ataupun pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang di berikan dan akan datang kembali.

Di dalam penelitian ini di jelaskan tentang sistem penjualan pada toko Minimarket cantik sepenuhnya masih secara manual dari sistem pemasoka barang, suplayar dan data penjualan, proses penjualan masih dilakukan secara manual dengan sistem pencatatan mengunakan buku yang dicatat oleh pemilik toko. Sehingga sering mengalami kesalahan data dalam pencatatan, kehilangan data, terjadinya kelangkapan data yang tidak terkoordinasi dengan baik, maka dari itu kami memilih toko mini market cantik menjadi objek penelitian


Dari uraian diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dalam upaya pembuatan sebuah rancangan sistem yang berjudul “PERANCANGAN APLIKASI MESIN KASIR PENJUALAN ONLINE PADA TOKO MINIMARKET CANTIK”


1.2 PERUMUSAN MASALAH


Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka yang menjadi rumusan masalah yaitu bagaimana merancang sistem informasi mesin kasir penjulan online pada Toko Minimarket Cantik dengan mengunakan eclipse?



1.3 BATASAN MASALAH


Untuk menghindari pembahasan diluar tema dan judul penelitian, maka penulis memberikan pembatasan terhadap ruang lingkup penelitian antara lain :

1. Bidang yang diteliti hanya terletak pada pengolahan data barang, Pemasok Dan Penjualan.

2. Penelitian dilakukan di Toko Minimarket Cantik.

3. Sistem informasi penjulan di bangun dengan menggunakan pemrograman eclipse


1.4 TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

1.4.1 TUJUAN PENELITIAN


Berdasarkan perumusan masalah diatas, maka penulis mempunyai beberapa tujuan yang ingin dicapai :

1. Mempelajari dan menganalisa sistem informasi penjualan yang sedang berjalan dengan mengunakan eclipse 

2. Untuk merancang aplikasi mesin kasir penjualan online pada Toko Minimarket Cantik.


1.4.2 MANFAAT PENELITIAN

Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka manfaat yang dapat diperoleh

yaitu :


1. Memberikan kemudahan pada pihak toko dalam mengolah informasi penjualan dan informasi tersebut dapat diproses lebih cepat dan akurat.

2. Memudahkan proses pengolahan data dan pembuatan laporan yang dilakukan pada Toko Minimarket Cantik dengan mengunakan sistem yang sudah terkomputerisasi.

3. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan penulis dalam membangun sebuah sistem informasi penjualan.


1.5 SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika penulisan tugas akhir ini diuraikan dalam 6(enam) bab. Adapun isi pokok bahasan masing-masing bab sebagai berikut:


BAB I PENDAHULUAN

Bab ini membahas tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, serta sistematika penulisan.


BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini akan dikhususkan pembahasan teori yang berkaitan dengan topik yang akan dibuat seperti Perancangan, system, system informasi, penjualan, pembelian,persediaan, database, use case diagram, activity diagram, class diagram, 


BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Dalam bab ini dijelaskan tahapan proses yang dilakukan selama mengerjakan penelitian, metode yang digunakan, alat bantu yang

digunakan untuk merancang aplikasi mesin kasir penjualan online pada toko minimarket cantik.


BAB IV ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM

Dalam bab ini dijelaskan tentang gambaran umum toko minimarket cantik, analisis system yang sedang berjalan, analisis kebutuhan, perancangan program yang terdiri dari rancangan input dan output, perancangan file/table, rancangan menu dan logika program.


BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

Pada bab ini berisi tentang kegiatan implementasi dan pengujian program.


BAB VI PENUTUP

Bab ini menguraikan kesimpulan yang diperoleh dari proses-proses perancangan dan impelementasi sistem yang telah dilakukan serta mengemukakan saran-saran yang sekiranya dapat bermanfaat.


Tampilan aplikasi halaman menu utama

pada halaman ini menampilkan 9 menu 

- menu 1 menampilkan penjualan 

- menu 2 menampilkan customer

- manu 3 menampilkan pembelian

- menu 4 menampilkan produk

- menu 5 menampilkan supplier

- menu 6 menampilkan data stok

- manu 7 menampilkan laporan 

- manu 8 menampilkan hutang piutang

- menu 9 menampilkan pengaturan




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama