Perancangan Aplikasi BRIAN MUSIC STUDIO Berbasis Android


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang Masalah

Musik salah satu hal penting dalam kehidupan, bahkan kehadiran musik menjadi suatu keharusan sebagai mana bentuknya. Musik dikenal sebagai gabungann unsur nada, meodi, irama, lagu dan aransemen lainnya yang harmonis yang memadukan dalam bentuk suara. Musik banyak digunakan dalam hal menghibur diri maupun orang lain, sehingga musik sangat cocok dalam mengisi kekosongan sehari-hari. Musik akhir-akhir ini sangatlah diminati oleh masyarakat Kota Jambi, baik dalam konser, acara pesta bahkan di gadget pribadi. Banyaknya peminat musik dalam Kota Jambi, bahkan telah mendirikan organisasi dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan musik.


Musik merupakan suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia, karena musik dapat menjadikan orang merasa senang, gembira, dan nyaman. Dalam kutipan diatas menjelaskan bahwa musik dengan aransmen yang baik akan menghasilkan sensasi suara yang indah kepada pendengar, sehingga pendengar merasakan kepuasan jiwa tersendiri. Dalam hal ini meningkatnya peminat musik maka banyaknya penjualan alat – alat musik atau penyedia sewa studio musik saling bersaing baik dalam pelayanan maupun biaya, karena penjualan alat – alat music dan penyedia sewa studio musik termasuk usaha bisnis yang cukup baik.


Berdasarkan hasil observasi kepada penjual alat – alat musik dan penyedia sewa studio musik  di Kota Jambi, penjual alat – alat music dan penyedia jasa sewa studio musik menggunakan brosur  dan pamflet sehingga jangkauannya hanya sebatas lokasi dimana brosur dan pamflet itu disebarkan. Penjual dan penyedia layanan belum memanfaatkan media sosial teknologi informasi untuk mempromosikan toko penjulan alat – alat music dan jasa sewa studio musiknya. Dengan situasi seperti itu, banyak masyarakat kesulitan untuk mencari toko penjualan alat – alat musik dan jasa sewa studio musik. Secara umum calon pembeli dan penyewa juga membutuhkan informasi detail tentang harga barang dan sewa, fasilitas dan tambahan lainnya. Untuk menanggulangi masalah tersebut, membutuhkan informasi atau aplikasi penyedia informasi yang membantu penjualan alat – alat musik dan penyedia jasa sewa studio musik sebagai media informasi pelayanan online dalam membantu pembeli dan penyewa mengetahui informasi secara langsung baik dalam jadwal maupun rincian biayanya.


Dalam perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat yang mudah dilakukan oleh masyarakat luas khususnya pengguna android. Android merupakan salah satu pengembangan sistem yang terkomputerisasi dalam bidang teknologi informasi. Android saat ini berperan besar dalam memberikan dukungan kepada manusia untuk menyelesaikan berbagai jenis permasalahan baik dalam bidang indrustri, perdagangan, pendidikan dan hampir semua bidang dalam kehidupan manusia.


Dalam hal ini peneliti ingin melakukan perancangan aplikasi Brian Music Studio sebagai media aplikasi penjualan alat – alat musik dan pemesanan studio musik berbasis android guna membantu sistem penjualan alat – alat musik dan pemesanan pada studio musik dan mempermudah penjual alat – alat musik dan penyedia studio musik dalam pemberi informasi terhadap masyarakat luas.


Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti mengambil judul “PERANCANGAN APLIKASI BRIAN MUSIC STUDIO BERBASIS ANDROID”.

 

1.2  Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian diatas, terdapat beberapa masalah yang diidentifikasi antara lain :

1.     Proses penjualan alat – alat musik dan penyewaan studio musik masih dilakukan secara manual atau tatap muka secara langsung.

2.     Informasi rincian biaya penjualan dan penyewaan sulit diketahui yang berdampak kepada penjualan dan perencanaan penyewa jadi berkendala.

3.     Tidak dapat mengetahui informasi secara online atau dari jarak jauh.

4.     Transaksi masih dilakukan secara manual.

 

1.3  Batasan Masalah

Berdasarkan uraian diatas, perancangan aplikasi ini perlu adanya batasan masalah antara lain :

1.     Perancangan aplikasi hanya penjualan dan penyewaan bukan aplikasi pemutar musik. 

2.     Sistem pembayaran pada aplikasi dilakukan dengan menggunakan e-wallet yang ada di Indonesia. 

3.     Perancangan sistem aplikasi tidak membahas permasalahan aspek keamanan.

 

1.4  Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dirumuskan suatu rumusan masalah yaitu :

1.     Bagaimana membuat aplikasi penjualan alat – alat musik dan penyewaan studio musik berbasis android? 

2.     Bagaimana cara memudahkan masyarakat mendapatkan informasi penjualan alat – alat musik dan penyewaan studio musik berbasis android?

3.     Bagaimana hasil pengujian yang dilakukan dalam aplikasi Brian Music Studio berbasis android?

 

1.5  Tujuan Penelitian

Berdasarkan beberapa rumusan masalah diatas, maka dapat disimpulkan 

tujuan peneliti antara lain :

1.     Merancang Merancang aplikasi penjualan alat – alat musik dan penyewaan studio musik berbasis android. 

2.     Membangun media alternatif dalam informasi penjualan alat – alat musik dan penyewaan studio musik berbasis android. 

3.     Menghasilkan aplikasi penjualan alat – alat musik dan penyewaan studio musik atau Brian Music Studio berbasis android.


1.6  Manfaat Penelitian

Berdasarkan beberapa tujuan penelitian diatas, maka dapat simpulkan manfaat penelitian antara lain :

1.     Menambah pengalaman dalam memahami perancangan aplikasi Brian Music Studio.

2.     Membantu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi penjualan alat – alat musik dan penyewaan studio musik.

3.     Bagi penjual dan penyedia sewa, memudahkan penjualan alat – alat music dan penyewaan studio musik mempromosikan jualan dan jasa sewa kepada masyarakat.

4.     Bagi peneliti, menambah wawasan dalam aplikasi berbasis android.

5.     Bagi penjual dan penyewa, membantu mengetahui informasi dan ketersediaan seputar penjualan alat – alat music dan sewa studio musik.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama