Perancangan Aplikasi Belanja Sayur Jambi Berbasis Android

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1  Latar Belakang

Sayuran merupakan komoditi yang perkembangannya sangat tinggi, karena sayuran dibutuhkan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan pangan dan peningkatan gizi dalam tubuh. Sayuran merupakan salah satu sumber mineral dan vitamin yang ditubuh manusia dari mulai kalangan balita sampai lansia dan peminatannya setiap hari cenderung meningkat. Sayur – sayuran memang telah lama diketahui dari segi khasiatnya karena kandungan nutrition seperti vitamin, mineral, lemak, protein dan karbohidrat baik untuk tubuh. Penggemar sayur-sayuran telah dikenali pasti hidup lebih sehat berbanding mereka yang makan jenis makanan yang lain apa lagi makanan cepat saji. 

Seiring pesatnya kebutuhan pangan pesat juga perkembangan teknologi informasi. Menurut Pratama (2014:14) Sebuah sistem informasi memberikan banyak manfaat diantaranya data yang terpusat, efisiensi waktu, kemudahan dalam mengakses informasi, memudahkan proses bisnis dan pekerjaan, menyimpan data lebih banyak dengan ruang yang kecil, solusi komunikasi yang murah, hemat dan handal. Dari manfaat sistem informasi tersebut memberikan pengaruh besar bagi kemajuan berbagai bidang salah satunya agrobisnis. Di dalam dunia usaha peran teknologi informasi dan sistem informasi yang handal tidak lagi diragukan dalam menunjang kemampuan unit usaha untuk memenangkan persaingan usaha. Penggunaan teknologi informasi dan sistem informasi tersebut diharapkan mampu mendorong percepatan perputaran usaha dan meningkatkan efisiensi, efektivitas kerja setiap bagian. Dari manfaat sistem informasi yang terintregrasi untuk melayani kebutuhan pelanggan, proses transaksi yang pelanggan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, dari proses ini munculah sebuah sarana dengan memanfaatkan sistem informasi penjualan online.

Sistem informasi penjualan online salah satu representasi dari bidang teknologi informasi. Sistem Informasi penjualan online android merupakan media informasi yang sangat berkembang dikalangan remaja, dewasa hingga parubaya pada saat. Dengan Sistem Informasi penjualan online berbasis android semua orang dapat menampilkan informasi yang dapat dinikmati oleh seluruh pengguna internet, kebutuhan sistem informasi yang dapat dinikmati oleh seluruh pengguna internet, kebutuhan sistem informasi penjualan online berbasis andoid bukan hanya dimiliki pengusaha-pengusaha kecil dan menengah juga harus segera menerapkannya agar usaha yang dimiliki menjadi semakin besar, demikian juga pada toko Belanja Sayur Jambi.

Belanja Sayur Jambi merupakan aplikasi e-commerce sayur online untuk area kota jambi, aplikasi yang menyediakan platform bagi pelanggan untuk memesan produk langsung dari petani, Belanja Sayur Jambi menyediakan produk organic, hidroponik, bebas pestisida dan anti bahan kimia, yang berkualitas baik dan diperoleh langsung dari petani-petani lokal untuk mendapatkan pasokan hasil petani atau bahan makanan. Penjualan sayur di Jambi masih menggunakan cara konvensional mulai dari pemesanan sayuran melalui telepon ke pegawai atau langsung datang ke lokasi untuk bertanya ketersediaan pesanan, Transaksi semua menggunakan telepon membuat semua pekerjaan menjadi tidak efektif. Dan pemesanan via telepon atau datang langsung ke lokasi membuat toko kurang berkembang pemasarannya selain itu pihak toko sulit untuk mengetahui informasi karena pendapatan dihitung berdasarkan nota yang ditulis oleh admin yang sewaktu waktu bisa hilang sehingga pemilik toko tidak dapat melihat informasi penjualan dari bulan ke bulan selanjutnya.

Berdasarkan larat belakang yang telah dijelaskan diatas makan penulis tertarik untuk mengangkat skripsi dengan judul “PERANCANGAN APLIKASI BELANJA SAYUR JAMBI BERBASIS ANDROID”

 

1.2  Rumusan Masalah

Berdasarkan pada permasalahan pada latar belakang, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perancangan sebuah sistem informasi penjualan sayur online berbasis android?

 

1.3  Batasan Masalah

Agar permasalahan tidak meluas dan memberikan pembahasan yang lebih terarah dan sesuai dengan diharapkan, maka penulis membatasi permasalahan yaitu sebagai berikut :

1.    Area penjualan hanya dikota Jambi

2.    Pembayaran dilakukan dengan COD (Cash On Delivery)

3.    Sistem informasi ini dibuat untuk melakukan pemesanan sayuran secara online

4.   Sistem informasi yang akan dibuat akan memuat data pelanggan, data pengguna, data penjualan barang, laporan penjualan berdasarkan barang, tanggal dan pelanggan

5. Bahasa pemograman yang digunakan Java untuk Android guna pelanggan dalam melakukan transaksi

 

1.4  Tujuan

Tujuan pembuatan aplikasi belanja sayur jambi berbasis android ini yaitu :

1. Memberikan kemudahan dalam berbelanja sayuran, kapanpun dan dimanapun

2. Terciptanya aplikasi belanja sayur jambi berbasis android ini secara terkoputerisasi, sehingga      memudahkan dalam kegiatan jual beli sayur

3. Mempermudah masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk berbelanja sayur sendiri        kepasar, menggunakan aplikasi dapat menghemat waktu untuk bisa melakukan pekerjaan            lainnya.

4. Berkerjasama dengan mitra-mitra lokal untuk membantu petani lokal di Jambi mendapatkan        penghasilan yang lebih baik.

 

1.5  Manfaat 

Manfaat yang dapat dari pembuatan aplikasi Belanja Sayur jambi yaitu :

1.  Untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi memesan atau membeli sayur tanpa harus datang ke lokasi hanya melalui perangkat android

2.  Memimalisir terjadinya kerugian akibat tidak ada laporan keuangan yang bisa dilihat untuk mengetahui perkembangan pendapatan toko

3.   Meningkatkan kemampuan penjual dalam persaingan usaha di era digital saat ini

 

1.6  Metode Penelitian

Metode dalam penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data untuk mendukung informasi dalam pembuatan aplikasi Belanja Sayur Jambi, berikut metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi :

1.     Metode Observasi

Metode observasi adalah suatu cara untuk mengumpulkan data dengan cara observasi lapangan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap sistem yang berjalan sesuai dengan alur data dan prosedur penelitian yang dilakukan

2.     Metode Wawancara

Metode Wawancara adalah proses pengumpulan data dengan kegiatan wawancara dilaksanakan dengan pemilik toko dan pegawai toko Belanja Sayur Jambi, data yang di dapat dari wawancara berupa data nama barang serta harga sementara barang tersebut.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama