Pengenalan Pemrograman GO dan Jenisnya


Go atau golang adalah bahasa pemrograman yang bersifat prosedural. Pertama kali dikembangkan di Google sejak 2007 oleh tiga orang yakni, Ken Thompson, Rob pike, dan Robert Griesemer. kemudian dirilis ke publik pada 2009 sebagai bahasa program open source. Bahasa program Go didasarkan pada Python, Java dan C++.
 

A. FUNGSI GO/GOLANG 

Tujuan dari pengembangannya adalah untuk membangun bahasa yang mempunyai keunggulan dari sisi kecepatan, keandalan, skalabilitas, dan kesederhanaan. Golang juga termasuk dalam bahasa yang dapat diketik secara statis serta menghasilkan kode biner pada mesin yang dapat dikompilasi. Selain itu, Golang juga dihimpun dari bahasa pemrograman C Di abad ke – 21. Bahasa Go juga dapat digunakan untuk kepentingan pembuatan aplikasi, website, dan Software yang lainnya.

Belajar Golang tentu sangat dibutuhkan saat ini, dimana sangat membantu dalam pengembangan perangkat lunak secara efisien dan mudah untuk dipelajari. Hal terpenting yang menjadi nilai lebih dari Golang sendiri adalah dari sisi keamanan dan skalabilitas yang dimiliki. Bahasa Go  juga dapat digunakan untuk pembuatan situs e- commerce

Jika dalam sebuah perusahaan, anda menempati posisi sebagai back end programmer, tentu tidak asing dengan yang masalah seperti meningkatnya jumlah aktivitas pengguna aplikasi. Hal tersebut dapat diselesaikan dengan bantuan fungsi dari Golang yang bernama concurrency dan footprint yang memiliki kapasitas memori yang kecil (rendah). 

Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang dimiliki oleh Golang dan dapat anda terapkan pada bisnis atau pekerjaan anda.

  1. Dapat membangun tim developer yang lebih scalable, baik berupa startup maupun          perusahaan korporasi dalam bidang teknologi informasi.
  2. Membangun sebuah sistem yang lebih kompleks serta membutuhkan kinerja yang tinggi.
  3. Mengembangkan teknologi cloud computing yang memiliki skalabilitas yang mumpuni.
  4. Dapat mengembangkan kode server jaringan, terutama pada layanan mikro dan web server.
  5. Mampu untuk merancang aplikasi berbasis web yang lebih aman.

 

Keunggulan dan Kelemahan

Golang juga memiliki kelebihan daripada bahasa pemrograman yang lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Golang termasuk ke dalam platform yang bersifat open source
2. Algoritma dan structure data yang dipakai mudah untuk dipelajari
3. Mempuyai fitur yang disebut garbage collector.
4. Mampu meningkatkan performa dan dapat lebih banyak pengunjung yang datang pada aplikasi.

Setiap perangkat lunak tentunya juga memiliki keunggulan dan kelemahan, untuk kekurangan dari Golang sendiri adalah masih kurangnya pilihan framework yang dapat dipakai untuk mendukung proses pengembangan aplikasi. Dan apabila dikomparasikan dengan Ruby, keamanan dari sisi runtime  masih belum baik.

Jenis Framework yang Dimiliki Golang

Berikut merupakan beberapa framework milik bahasa pemrograman Go, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Martini

Martini merupakan kerangka kerja (framework) yang sangat ringan dan diaktifkan oleh Sinatra. Martini dapat bekerja berdasarkan hal – hal seperti routingexception dealing, serta mampu untuk melakukan middleware. Framework ini juga bekerja dengan pihak ketiga (third-party) dan mampu memperluas kemampuan dengan mengelola banyak fungsi. 

2. Buffalo

Buffalo merupakan framework yang mampu mengelola setiap aspek mulai dari front  end hingga backend, dimana mempunyai fitur hot reloading dengan mengacu pada dev command secara terotomatisasi. Selain itu, anda juga dapat melakukan transformasi langsung dalam menjalankan dev command.

3. Goji

Goji adalah salah satu framework milik Go yang mempunyai fitur request HTTP multiplexer yang minimalis dan mendapat dukungan dari Einhorn. Sehingga, memungkinkan untuk memiliki web socket assistance.

4. Revel

Revel memiliki tampilan fitur yang lengkap dan tidak membutuhkan setup  yang rumit. Kemampuan khusus dari Revel sendiri terletak pada pengembangan API, terlepas dari tugasnya yang rumit. Jika anda menggunakan Revel, maka tidak perlu menggunakan suppordari pihak ketiga.

5. Gocraft

Framework yang terakhir adalah Gocraft yang menawarkan paket fasilitas routing yang cepat dan dapat ditingkatkan (upgrading) sesuai dengan kebutuhan. Jika anda membutuhkan kinerja API yang tinggi, solusinya adalah menggunakan Gocraft.


Membuat Program Sederhana Dari Golang


Setelah berhasil melakukan install dan konfigurasi Environment GoLang pada komputer, sekarang kita akan membuat beberapa program sederhana menggunakan bahasa pemrograman GoLang.

Buat Folder Project dan Setting Dependency Tracking

Buat folder kerja untuk mini project ini, pada tutorial ini kita akan membuat directory kerja dengan nama simplygo :
mkdir simplygo
cd simplygo

Selanjutnya kita perlu melakukan inisialisasi go mod.

go mod digunakan untuk melakukan dependency tracking dan management, seperti : define list dan versi package yang akan digunakan, kurang lebih mirip seperti package.json di nodejs jika pernah menggunakan.

go mod init github.com/ervinismu/simplygo

Akan menghasilkan File go.mod seperti gambar dibawah ini:

Program #1  Printing Text

Program ini akan mencetak text “Hello, World” pada layar komputer ketika di dijalankan. Konon katanyaa, “Hello World” adalah program wajib yang harus kita coba ketika mulai mempelajari sebuah bahasa pemrograman baru 

Kode

Buat file dengan nama hello.go dan tulis kode program berikut menggunakan kode editor yang kamu sukai :
package main

import "fmt"
func main() {
fmt.Println("Hello, World!")}

Jalankan

Jalankan dengan perintah go run hello.golalu lihat hasilnya di layar komputer akan menampilkan text.

go run hello.go// Output : "Hello, World!"


Jadi Kesimpulan yang dapat saya ambil yaitu, golang adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google dan memiliki kelebihan dari sisi kecepatan, keandalan, dan skalabilitas. Jenis framework yang digunakan yaitu Martini, Buffalo, Goji, Revel, dan Gocraft. Bahasa Go dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan untuk mengembangkan aplikasi web dan mobile secara efektif.


Penulis : ANDRE SYAHYEVI (Mahasiswa Kelas 1D Prodi Sistem Informasi FST UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi)



2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama