Pengenalan Bahasa Pemrograman REXX

  




 Pembukaan

Saat ini banyak bahasa pemrograman yang populer. Tetapi ada bahasa bahasa pemrograman yang agak kuno dan maju pada zamannya .Salah satu nya adalah REXX . REXX adalah singkatan, itu artinya Restructured Extended Executor,yang mungkin merujuk kita kepada leluhur nya.


Pembahasan

A. Sejarah Bahasa Pemrograman REXX

Rexx di rancang dan pertama kali diimplementasikan, dalam bahasa assembly, sebagai proyek 'waktu sendiri' antara 20 maret 1979 dan pertengahan 1982 oleh mike cowlishaw dari IMB. Awal nya sebagai bahasa pemrograman skrip untuk bahasa EXEC dan EXEC2. Ini di rancang untuk menjadi bahasa makro atau skrip untuk sistem apapun. Dengan demikian REXX di anggap sebagai pendahulu Tcl dan pyhton. REXX juga menawarkan oleh pembuatnya untuk menjadi versi bahasa pemrogramanPL/I yang disederhanakan dan lebih mudah di pelajari. 

Pada tahun 1990, cathie dager dari SLAC menyelengarakan simposium REXX  independent pertama,yang mengarah pada pembentukan Asosiasi Bahasa REXX. Simposiu di adakan setiap tahun.Bebarapa versifreewareREXX tersedia. Pada tahun 1992, dua portsumber terbuka yang paling banyak muncul: REXX/imc  Ian Collier untuk unix dan regina milik Anders Christensen (kemudian diadopsi olehMark Hessling) untuk windows dan unix .Rexx portabel ole kilowatt dsn personal rexx yang lebih baru telah muncul:

-NetREXX : mengkompilasi ke jawa byte-codemelalui kode sumber java; ini tidak memiliki kata kunci yang di cadangkan sama sekali, dan menggunakn kode objek java, dan oleh karena itu umumnya tidak kompatibel dan rexx 'klasik'.

-Objek REXX : versi rexx yang umumnyaberorientasi objek ke atas


B. Pengertian Bahasa Pemrograman REXX

Rexx adalah bahasa lengkap yg dapat di gunakan sebagai skrip, bahasa makro, dan bahasa pengembangan aplikasi ini sering di gunakan untuk memproses data dan teks dan menghasilkan laporan; kesamaan ini dengan perlberarti bahwa rexx bekerja dengan baik dalam pemrograman Common Gateway interfaca (CGI) dan memang di gunakan untuk tujuan ini. rexx adalah bahasa scripting utama di beberapa sistem operasi, misalnya OS/2, MVS, VM, AmigaOS, dan juga di gunakan sebagai bahasa makro internal di beberapa perangkat lunak lain, seperti SPFPC KEDIT, Emulator  terminal THE dan ZOC. Selain itu , bahasa rexx dapat di gunakan untuk skrip dan makro dalam program apapun yang mengunakan bahasa mesin skrip windows scripting host Active (misal VBScript) jika salah satu mesin rexx diinstal. 

Skrip atau perintah Rexx kadang-kadang disebut sebagai EXEC dengan mengacu pada jenis file CMS yang digunakan untuk skrip EXEC , [6] EXEC 2 [7] dan REXX pada CP/CMS dan VM/370 hingga z/VM .


C.  Fitur-fitur Dalam Bahasa Rexx

Rexx memiliki karakteristik dan fitur sebagai berikut:

Fitur-firtur pada Rexx : 

      1. Sintaks sederhana 

      2. Kemampuan untuk mengarahkan perintah ke beberpa lingkungan 

      3. Manajemen penyimpanan otomatis

      4. Kemampuan untuk mendukung fungsi, prosedur,dan perintah yang terkait dengan lingkungan                  pemanggilan tertentu

      5. Sintaks berbentuk bebas

      6. Tidak termasuk fasilitas file

      7. Banyak pilihan fungsi bawaan, terutama string dan pengolah kata

      8. Tidak ada kata kunci yang di cadangkan ,kecuali dalam konteks lokal

      9. Dasar string karakter

     10. Pengetikan data dinamis tanpa deklarasi

     11. Akses langsung ke perintah dan fasilitas sitem

     12. Penanganan kesalahan sederhana dan debuger bawaan

     13. Beberapa batasan buatan

     14. Array asosiatif

     15. Struktur data yang dapat dialamatkan konten

     16. Tidak menyediakan terminal kontrol dasar sebagai bagian dari bahasa, kecuali implementasi                   khusus

     17.Tidak menyediakan cara umum untuk memasukkan fungsi dan subrutin dari perpustakaan                      eksternal

     18. Hnya sebagian yang mendukung parameter baris perintah gaya Unix, kecuali implementasi                     khusus 

    19. Fasilitas l/0 yang di sederhanakan 

    20. Operator tidak konvensional

    21. Tumpukan bawaan, dengan kemampuan untuk beroperasi dangan tumpukan host jika ada

    22. Set instruksi kecil yang hanya berisi dua lusin instruksi

    23.  Token  case-insensitive, termasuk nama variabel   


Karakteristik Bahasa Pemrograman Rexx 

Rexx hanya mempunyai dua puluh tiga, sebagian besar jelas, instruksi (seperti call, parse, dan select) dengan tanda baca minumal dan persaratan format. ini pada dasarnya adalah bahasa  yang hampir bebas dengan hanya satu tipe data, karakter string; filosofi ini berarti bahwa semua data terlihat (simbolis) dan debugging dan penelusuran di sederhanakan.

Sintaks Rexx terlihat mirip dengan PL/I, tetapi memiliki sedikit notasi; ini lebih sulit untuk di urai(progam berdasarkan) tetapi lebih mudsh di gunakan , kecuali untuk kasus dimana kebiasaan PL/I dapat menyebabkan kejutan. salah satu tujuan dasain REXX adalah prinsip yang paling tidak mengejutkan.       


Kesimpulan

Bahasa pemrograman Rexx menjadi salah satu bahasa pemograman yang kuno dan pernah maju pada zamannya. Bahasa pemograman ini mempunyai fitur" yang lumayan menarik tapi sekarang sudah jarang di gunakan lagi.



Penulis : Eka Fitria (Mahasiswi kelas 1G Prodi Sistem Informasi FST UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)


Sumber

https://en-m-wikipedia-org.translate.goog/wiki/Rexx?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc,sc

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama