Pengantar Bahasa Pemrograman NODE.JS



Saat ini banyak bahasa pemrogreaman yang populer salah satunya adalah bahasa pemrograman NODE JS.Dengan platfrom ini, Anda dapat menjalankan JavaScript dari sisi server.
Untuk mendukung kemampuan tersebut, Node js di bangun dengan engine Javascript V8 milik google.
Node.js juga memiliki pustaka server sendiri sehingga anda tidak perlu menggunsksn program server seb seperti Nginx dan Apache.
Dengan model event-driven dan non-blocking 1/0nya, Node.js lebih mampu menangani banyak proses secara bersamaan daripada bersifat thread-based networking.

PENGERTIAN NODE.JS
NODE.JS adalah sebuah platfrom yang di buat berdasarkan runtime untuk JavaScript di chrome untuk membangun aplikasi network  yang cepat dan terukur . Node.js merupakan aplikasi yang di gunakan pada sisi server (server-side). Bagi programer website, ini menjadi kabar baik sekaligus buruk, baiknya yaitu teknologi ini tentu memiliki berbagai kelebihan dan dukungan dalam pengembangan website yang lebih baik, sedangkan kabar buruknya yaitu para programer website harus mempelajari lagi suatu teknologi  baru.

KELEBIHAN DAN KEUNTUNGAN NODE.JS
1. Pengembangan hanya cukup memakai satu bahasa untuk mengembangkan aplikasi client & server sehingga mengurangi `Learning Curve` untuk mempelajari bhasa server yang lain.
2. Mendunkung reuse of code, maksudnya adalah kemudahan sharing code  antara code client dan server
3. Mendukung  JSON, sehingga untuk mengkonsumsi data data dari pihak ketiga pemrosesan di Node.js akan menjadi sangat mudah sekali.
4. Asinkron  1/O & event, maksudnya adalah proses eksekusi program tidak perlu menunggu pembacaan suatu file sampai selesai tetapi tetap dapat langsung menjalankan kode JavaScript selanjutnya yang di eksekusi secara bersamaan.
5. Database  NoSQL seperti MongoDB mendukung langsung Javascript sehingga interfacing dengan database ini akan jauh lebih mudah.

KEKURANGAN DAN KERUGIAN NODE.JS
1. Kurangnya konsistensi.
2. Ketidakstabilan alat. 
3. Tidak berfungsi untuk aplikasi komputasi besar.
4. Membutuhkan lebih banyak waktu untuk berkembang.
5. Akhiri saran.

DASAR-DASAR NODE.JS
1. Membuat proyek Node.js baru
2. Mengeksekusi JavaScript dengan Node.js
3. Mengetahui Node.js Global Object
4. Memahami Modularization
5. Menggunakan Node Package Manager
6. Memahami Eventing
7. Memahami filesystem
8. Memahami teknik Readable Stream dan Writable Stream

INSTALASI NODE.JS
Node.js bisa diinstal pada sistem operasi seperti Windows, Mac OS X, Linux dan SunOS. Tersedia juga source yang bisa anda kompilasi sendiri. Untuk menginstalnya di sistem operasi Windows, silahkan unduh dari tautan berikut dan install di sistem anda.

CARA INSTALL NODE.JS
1. Download Node.JS Installer pada website resminya di https://nodejs.org/download/
2. Setelah di download jalankan file msi yang sudah di download.
3. Ikuti petunjuk dan User Agreement. Dan tunggu sampai installasi selesai.
4. Lalu kalian restart computer kalian agar node js dapat terinstall dengan sempurna.











1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama