Pengantar Bahasa Pemograman DART



Saat ini banyak bahasa pemrograman yang populer, Salah satunya adalah bahasa Pemrograman DART. DART adalah bahasa pemrograman untuk mengembangkan berbagai klien, Seperti web dan aplikasi seluler. Pemrograman DART Ini dikembangkan oleh Google dan juga dapat digunakan untuk membangun Aplikasi server dan deteskop.

DART adalah bahasa berorientasi objek, Berbasis kelas, dan dikumpulkan dari sampah dengan sintak gaya C.

PEMBAHASAN

A. Sejarah Dan Perkembangan Bahasa Pemrograman DART

Dart merupakan bahasa pemrograman baru yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2007 namun baru rilis versi stabilnya pada tahun 2018 lalu. Dart merupakan bahasa pemrograman yang menarik untuk diperhatikan dimana semakin populer dari hari demi hari. Bahasa ini dapat diskalakan dan dapat digunakan untuk menulis skripsi sederhana atau aplikasi berfitur lengkap.

Dart pertama kali diresmikan pada konferensi GOTO di Aarhus, Denmark pada 10-12 Oktober 2011 yang dalam pengerjaan proyeknya dipimpin oleh Lars Bak dan Kasper Lund.
 
Sebelum rilis versi stabilnya pada tahun 2013, Dart merilis pertama kali pada versi 1.0 ke publik dimana Google memberikan dukungan secara penuh untuk Flutter yang merupakan Framework yang menerapkan bahasa pemrograman Dart.
 
 Dart dan Flutter sendiri bermula ketika muncul ide ngawang dari pihak Google yang menyatakan bahwa seharusnya terdapat cara yang lebih efektif dalam membuat Aplikasi Mobile yang mendukung segi Interface UI/UX.

B. Cara Kerja Bahasa Pemrograman DART

Tipe bahasa pemrograman Dart berupa Static Typed dimana tipe dari Variabel diketahui ketika proses Compile, Ketika membangun aplikasi Mobile, Dart dicompile kedalam bahasa Native agar dapat berjalan dimobile, Lalu di Transpile ke Javascript agar dapat berjalan dibrowser.
 
Dart diterapkan pada Framework flutter yang merupakan Framework untuk membuat aplikasi mobile yang saat ini ramai diperbincangkan. Flutter adalah sebuah Framework yang dirancang khusus untuk membangun antarmuka (UI) aplikasi mobile yang lebih ekspresif dan menarik.
 
C. Dart Mudah Dikembangkan

Bahasa pemrograman Dart ini dikembangkan untuk mudah digunakan dalam pengembangan, Sesuai dengan pengembangan aplikasi modern dan memiliki implementasi berkinerja tinggi. Bahkan bahasa ini juga digunakan sebelum komplikasi.
 
- Dart merupakan bahasa yang wajib anda kuasai untuk mengembangkan Aplikasi Flutter.
- Dengan Dart, Anda hanya perlu satu codebase untuk dapat mengembangkan Aplikasi pada berbagai platform seperti web, Android, IOS.
 -Bahasa Dart dirancang supaya familier dengan bahasa pemrograman lain sehingga mudah bagi yang sudah mengerti bahasa pemrograman lain maupun bagi yang baru memulaiperjalanannya sebagai depelover.
- Penggunaan bahasa pemrograman Dart itu gratis (open source) dan dikembangkan oleh komunitas developer ahli yang aktif dan terbuka.
- Dart adalah bahasa yang dioptimalkan untuk pengembangan UI secara cepat dan produktif pada banyak platform.

D. Mendukung Banyak Arsitektur

Selain itu Dart juga mendukung banyak arsitektur pemrograman termasuk didalamnya IA-32, X64, MIPS, ARMv5TE, ARMv6, ARMv7 dan arsitektur ARM64. Bahasa pemrograman ini didukung secara native pengembangan aplikasi mobile untuk kedua platform Android dan IOS.

PENUTUP

Itulah penjelasan mengenai pengertian bahasa pemrograman Dart dan sejarah perkembangannya saat bagaimana pertama kali diciptakan. Dengan menggunakan bahasa ini pada framework flutter, Anda dapat membuat aplikasi yang lebih ekspresif ui dan dapat melakukan perkembangan dengan cepat dengan fitur unggulannya yaitu hot reload. Anda juga tidak perlu ragu mempelajari bahasa pemrograman satu ini, Sebab bahasa Dart merupakan bahasa yang mudah dipelajari, Apalagi Dart adalah bahasa yang didukung penuh oleh perusahaan ternama dunia yakni Google.

Sekian yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, Jika ada salah saya mohon maaf, terimakasih untuk semuanya.

Penulis : Suci Lestari (Mahasiswi kelas G Prodi Sistem Informasi FST UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi)

Sumber 

 https://caraguna.com
https://repository.unikom.ac.id 

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama