Mengenal Swift,Aplikasi Pemogramman super mudah di balik iOS




Swift adalah bahasa pemrograman objek fungsional untuk pengembangan iOS dan OS X  yang dibuat oleh apple.Didesain untuk berdampingan dengan Objective-C dan menghindari program dari kode yang salah.swift diperkenalkan oleh Apple pada acara tahunan WWDC  2014.ini dibangun dengan compiler LLVM yang termasuk dalam Xcode 6 beta. sebuah buku berisi 500 halaman petunjuk ,the swift programming language, dirilis bersamaan dengan WWDC,dan tersedia secara gratis di ibooks.

Berbagai platform Swift

Swift merupakan bahasa resmi dari Apple inc.untuk membangun aplikasi iOS,iPadOs,macOs,watchOS,tvOS,dan Linuk.Swift merupakan bahasa pemrograman yang modern,cepat,dan typesfe

Contoh Pemogramman Swift


DASAR-DASAR PEMROGRAMAN SWIFT

swift menggunakan playground,tutorial ini akan saya bagi menjadi beberapa part diantaranya sebagai berikut.
intrduction: pengertian swift,pengenalan playground,dan persiapan coding
part1 : Variabel dan konsatanta,tipe data,dan type inference
part2 :Aritmatika sederhana berserta konversi tipe data
part3 :penggabungan string,string interpolation,dan mencetak konstanta dan Variabel
part4 :Control Flow (seleksi kondisi dan variabel) 
part5 :Guard
part6 :Optionals
part7 :Arrays dan Dictonaries
part8 :fungsi

KELEBIHAN SWIFT 

1.Modern

swift merupakan bahasa yang baru-baru ini lahir dengan alasan itu,ia bersifat kekinian,modern,dan clean.bahkan kamu tak perlu menggunakan titik koma(;) layaknya di bahasa pemrograman lainnya.ini membuat mudah dibaca dan dijaga kualitasnya.selain itu,kemungkinan kamu salah menulis juga bisa ditekan.

2.Aman

Bahasa pemrograman Swift juga diklaim lebih aman.sebab, mereka tak punya kelompok kode yang berpeluang dirusak orang tak bertanggung jawab.

3.Cepat

kamu tentu sudah kenal dengan compiling.ia merupakan sebuah proses pembacaan bahasa pemrograman oleh komputer nantinya,bahasa itu diubah menjadi sederet perintah. nah Swift sudah menggunakan teknologi compiling LLVM .ini membuat nya cepat terbaca.pada akhirnya,program bisa dijalan kan dengan kilat.

4.Mudah

katanya bahasa ini bisa membuka jalan menuju kemanapun programming.sampai-sampai,Apple mengklaim bahwa bahwa Swift dirancang untuk jadi bahasa pertama siapa saja.

5.Open source

Bahasa pemrograman Swift dibangun secara bersama-sama .Ada source code,bugtracker,hingga ruang obrolan,dari dan untuk developer sendiri.semua itu ada di forum yang bertajuk Swift.org. komunitas ini punya kontributor dari dalam dan luar apple.terlebih lagi ada sederet blog , podcst konferesi,hingga pertemuan khusus developer swift.

6.Mendukung Objective-C

kelebihan yang satu ini sudah sempat Glints singgung di atas Swift bisa berjalan bersama-sama bahasa dan API Objective-C

Kekurangan Swift:

Harus menggunakan perangkat Apple supaya lebih maksimal.

swift sendiri memiliki versi nya sendiri:

Tanggal rilis                 Versi

9 september 2014       Swift 1.0        

22 oktober 2014         Swift 1.1

8 april 2015                Swift 1.2

21 september 2015     Swift 2.0

13 september 2015     Swift 3.0

19 september 2017     Swift 4.0

29 maret 2018            Swift 4.1

17 september 2018     Swift 4.2


Kesimpulan swift

Swift lebih mudah dibaca dan dipelajari daripada Objective-C berusia lebih dari tiga puluh tahun, dan itu berarti sintksnya kikuk juga Swift membutuhkan lebih sedikit kode.di bandingkan Objective-C


penulis:Riyansah Maulana (Mahasiswa kelas 1D Prodi Sistem Informasi FST UIN Sultan Thaha Syaifudin Jambi)



2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama